19 Juni 2018

Wisata Sambil Belajar di Planetarium Jakarta

Assalamualaikum calon orang sukses….

Cekgu lagi liburan di Jakarta nih. Gaooolll kaann… hahaha.

Alhamdulillah kemaren dapat tiket gratis ke Jakarta. Jangan di tanya tiketnya dari mana, pokoknya halalan toyyiban deh! Nah, mumpung lagi di Jakarta, cikgu gaul gak mau dong diem di rumah aja. Secara jalan Jakarta yang biasa macet parah jadi lengang sampai bisa main bola. Gimana nggak tergiur coba buat keluar dan menikmati lengangnya jalan di Jakarta.

Salah satu destinasi wisata yang aku kunjungi selama 9 hari di Jakarta ini adalah Planetarium dan Observatorium Jakarta.

Planetarium Jakarta ini berada dalam kawasan Taman Ismail Marzuki yang berada di jalan Cikini Raya, Jak-pus. Kebetulan lokasinya nggak jauh dari rumah nya om ku. Om ini adik bungsunya ummiku. Ya kali aja ada yang ngira aku main sama om om :D

Kami sampai disana jam 12 tepat. Dan ternyata disana udah ruammeee banget antrian beli tiket buat nonton show jam 3 sore. Kami pun ikut masuk di antrian yang sudah diatur duduk mengular. Jadi nggak capek berdiri buat nunggu 3 jam kedepan.

Jam 14.30 loketnya baru buka. Harganya murah banget. Rp. 12.000 untuk dewasa. Dan Rp. 7.000 untuk anak-anak. Satu orang bisa beli 4 tiket. Karena kami ada 6 orang sama adik-adik sepupu. Yang ngantri cukup 2 orang dan yang lainnya bisa main-main ke ruang planetariumnya. Seru!

Singkat cerita, setelah ngantri tiket kami langsung masuk Teater Bintang. Teater Bintang dengan atap mirip kubah masjid dan tanpa layar seperti di bioskop pada umumnya. Awalnya aku sempat bingung, muterin filmnya dimana yak. Eh eh eh…. Ternyata diluar dugaan. Ini sih penampakannya kayak di film-film gitu. Kereenn…
source :  http://www.aplf-planetariums.info/
Sebelum shownya di mulai kita selfie dulu. no selfie = hoax
Di dalam Teater Bintang ini kita semacam di ajak naik pesawat luar angkasa dan melihat benda-benda langit dari luar angkasa. Sandaran kursinya juga bisa rubah posisi sampai kita kayak lagi baring di hamparan padang rumput yang luas dan menatap ke langit. Indah bangeeeet…. ada juga sesi kita seperti sedang naik pesawat dan berkeliling di Luar angkasa. Adikku sampai pusing kepalanya, ngerasa kursinya muter-muter. padahal mah itu optik trik yang membuat penonton berasa berputar di luar angkasa. ah keren!

Selama Shownya sekitar 30-45 menit (lupa pastinya), seorang narrator yang suaranya mirip penyiar radio berlagak menjadi guide kita untuk mengelilingi luar angkasa. Suara yang ku taksir adalah suara laki-laki paruh baya itu menjelaskan benda-benda di luar angkasa dengan ramah dan Bahasa yang mudah dimengerti. Misalnya saja, ketika menjelaskan mengapa pluto tidak lagi di anggap sebagai planet, salah satunya karena pluto di nyatakan sebagai planet kecil dan bukan planet.

“Walaupun sama-sama bernama planet, tapi Planet kecil dengan planet beda ya…” tegasnya.
“Ibaratnya timur suri dengan timun. ibu-ibu pasti tau bedanya nih.” Tambah si Bapak narrator.

Naratornya juga pintar membawa suasana. Tak henti-hentinya ia mendapat tepuk tangan meriah ketika menampilkan deretan benda-benda luar angkasa. Aku pun sempat merinding disko ketika show dimulai dari bintang-bintang kecil yang bermunculan sedikit demi sedikit, sampai semua nya muncul. Canggih!
beginilah kira-kira penampakan di dalam ruangan. Di dalam gak bisa foto, jadi aku ambil pic dari DISINI
Oia, di Planetarium Jakarta ini juga tersedia fasilitas Observatorium untuk melihat benda-benda langit melalui teleskop. Planetarium ini juga bekerja sama  dengan Kementrian Agama Republik Indonesia mendukung peneropongan dalam kegiatan rukyat hilal. Tapi kalau  buat meneropong jodoh nggak bisa ya cuy :D

Selain nonton show benda-benda di luar angkasa di teater Bintang, kita juga bisa berkunjung ke pameran Astronomi yang ada di samping Teater Bintang. Disana banyak tiruan benda-benda luar angkasa dan penjelasannya. Cocok banget buat anak-anak. Jadi keinget murid-muridku. Seandainya di Pekanbaru ada tempat seperti ini, pastilah langsung aku ajak mereka outclass kesana. Apalagi kelas VI SD yang memang mempelajari benda luar angkasa di pelajaran IPA. Singkron banget lah! Tapi buat yang belum punya anak, jangan khawatir. Planetariumnya bisa banget buat siapa aja. Nambah wawasan dan tentu juga rasa syukur kita kepada Allah atas alam semesta yang indah ini.





Gimana? Tertarik ke Planetarium Jakarta? 
Kalau kamu kesana, Please banget jangan norak foto-foto pake flash selama show berlangsung. jadi terganggu dong show nya. Just take a seat and enjoy the show.

Liburan kamu kemana aja nih? Share dong di kolom komentar.


PLANETARIUM JAKARTA
Jln. Cikini Raya No. 73 Jakarta Pusat
http://tamanismailmarzuki.jakarta.go.id

Jadwal show nya lihat aja DISINI

20 komentar:

  1. Keren banget mbak main ke planetariumnya. Dari dulu saya pengen banget bisa main kesana tapi gak tahu berangkat sama siapa. Kalau soal bintang saya paling seneng banget apalagi belajar mengenai hal-hal baru di luar angkasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah pas banget dong kalo kamu suka soal perbintangan. cocok banget nih main kesini...

      Hapus
  2. Salah satu hal yang gue heran adalah saat seperti ini Jakarta terlihat lengang, apakah sebagian besar orang Jakarta emang bukan aslo Jakarta?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya gitu sih. banyakan pendatang dari pada orang asli. jadi pas lebaran pada mudik dan Jakarta jadi sepi deh

      Hapus
  3. Salah satu hal yang gue heran adalah saat seperti ini Jakarta terlihat lengang, apakah sebagian besar orang Jakarta emang bukan aslo Jakarta?

    BalasHapus
  4. Hallo Risah!!

    Wah Traveller sejati nih, tiba tiba udah sampai jakarta aja. Padahal aku yang tinggal di jakarta bertahun tahun aja belum pernah ke sini. Tapi emang beberapa waktu yang lalu, Planetarium lagi direnovasi dan ditutup sementara Sah.

    Nanti bisa banget lah ya ngajakin baby Jo jalan jalan ke sini biar tahu benda benda langit. Serruuu banget baca ceritamu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya masih banyak tanda-tanda baru selesai di renov. tapi kemaren udah oke kok.

      wah bisa banget.... ajakin baby Jo.

      tapi kemaren aku ngajak adik sepupu yang uurnya 2 tahun. ga betah dia. hahaha.
      nggak jadi masuk deh. rugi 7k :D

      Hapus
  5. Hampir lupa kapan terakhir kesini, kalau nggak salah waktu.. kelas 5/6 sd gitu. Seru sih tempatnya, apalagi waktu langitnya gelap terus view dari angkasanya mulai kelihatan.. kayak real, canggih..

    BalasHapus
  6. Yaap guru gaol katanya berlebaran ke Jekartah..hingga saat ini belum balik ya zha..hahaha emang guru gaol keren..
    Pergi ke planetariumnya gokar kah? Atau nebeng di truk hihihi
    Good job buat guru gaol

    BalasHapus
    Balasan
    1. malam ini terakhir nih jar. besok balik Pekanbaru.

      kesana di anter sama om. adeknya ummi. kebetulan si om lagi libur

      Hapus
  7. Maenn laaaaahhhh...... Jekate wak......

    BalasHapus
    Balasan
    1. nyusul laahh... cairkan duit youtube tu... ehak

      Hapus
    2. Awak ni ape lah.... Sarok-sarok kwaci nyooo..... :D

      Hapus
  8. Akuh lyiburannya dirumah aja, kakagh..
    Gue paling ogah ngantri lama gitu, apalagi smp 3 jam..ahaha anyway, alhamdulillah bgg dong ca, bisa dpt tiket jg yak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenernya ogah juga kak. tapi udah terlanjur basah, ya sudah mandi sekalian. hahaha

      Hapus
  9. ciihuuuyyy kak risah jalan-jalan mulu nih, asyik banget. aku belum pernah ke jakarta malahan kak :( ngebayangin banget bisa ada disana, tapi entah kapan. Kakak sih gak mau ngajak-ngajak wkwkwk btw baru ngeh domain kakak udah dot net. sejak kapan kak? udah lama gak mampir sini soalnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jiah, ngajakin orang yang udah punya laki. wkwkwwk

      baru sih. sebulanan gitu.
      abis di bully mulu sama blogger pekanbaru. hihihi

      Hapus
  10. Waduh, ini tempat yang udah mulai jarang dikunjungi orang banyak nih. Kecuali emang suka sama dunia2 planet dan teman2nya.. :)

    BalasHapus
  11. BROKER TERPERCAYA
    TRADING ONLINE INDONESIA
    PILIHAN TRADER #1
    - Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
    - Sistem Edukasi Professional
    - Trading di peralatan apa pun
    - Ada banyak alat analisis
    - Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
    - Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT
    Yukk!!! Segera bergabung di Hashtag Option trading lebih mudah dan rasakan pengalaman trading yang light.
    Nikmati payout hingga 80% dan Bonus Depo pertama 10%** T&C Applied dengan minimal depo 50.000,- bebas biaya admin
    Proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama
    Anda juga dapat bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover......

    Kunjungi website kami di www.hashtagoption.com Rasakan pengalaman trading yang luar biasa!!!

    BalasHapus

setelah baca tapi nggak ninggalin komentar itu sayang banget. ayo dong dikomen. penulis ingin tau reaksi pembaca.. makasih buat yang udah komen :)