14 November 2017

Wisata Edukasi ke Agrowisata Tenayan Pekanbaru


Sudah menjadi program sekolah-sekolah swasta untuk membawa anak-anak belajar ke luar kelas yang biasa kami sebut Outclass atau Field Trip. Dalam dua minggu ini, aku yang di amanahkan sebagai Wakasis (Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan) sibuk sana-sini untuk mempersiapkan kegiatan outclass dari kelas 1 sampai kelas 5. Dari mulai merancang lokasi tujuan, mensingkronkan dengan mata pelajaran, mengatur alokasi dana agar cukup dan efektif, sampai survey lokasi dan banyak lagi tetek bengek lainnya yang harus diurus. Dan tentu saja aku tidak mengerjakan semua ini sendirian, ada beberapa guru yang turut membantu mengemban tugas ini. Terimakasih kengkawan J

So, kali ini aku mau cerita mengenai kegiatan Field Trip kelas 4 dan 5 ke Agrowisata Tenayan Raya Pekanbaru. Yuhuuuu….

BACA JUGA : Hospital Tour RS Awal Bros Pekanbaru. Kenalkan RS ke Anak SD

Untuk kelas 4 dan 5 aku rancang membawa mereka ke alam. Back to nature gitu deh pokoknya. Kebetulan juga di materi IPA kelas V ada materi flora dan fauna. So, aku googling wisata edukasi di Pekanbaru, dan akhirnya merasa klik dengan Agro Wisata Tenayan yang lokasinya sangat dekat dari sekolah kami.

Kenapa memilih Agrowisata Tenayan?

1. Lokasi Dekat Dengan Sekolah
Agrowisata Tenayan ini berada di Jalan Pesantren. Kelurahan Tenayan Raya. Sedangkan sekolah kami SD Taruna Islam berada di Jalan Bukit Barisan. Cukup 10-15 menit jika di tempuh dengan bus.

2. Wisata Edukasi Pertama di Pekanbaru
Sempat ngobrol dengan ownernya, ternyata Agrowisata Tenayan ini adalah satu-satunya tempat wisata yang menawarkan wisata edukasi. Mungkin di tempat lain ada juga tempat wisata yang mengandung edukasi, tapi disini lengkap banget. Dan cocok untuk siswa TK-SMA. Para instruktur akan menyesuaikan tingkat pendidikan dengan kegiatan dan permainan.

3. Fasilitas Lengkap
Ada banyak fasilitas yang bisa di nikmati jika kita berkunjung ke Agrowisata Tenayan.
  • Musholla terapung
  • Restaurant terapung
  • Saung
  • Ayunan
  • Arena panahan
  • Flying fox
  • Kebun jagung, kebun jambu madu, kelengkeng, kebun mangga dll
  • Sawah
  • Kolam
  • Arena outbond
  • Kantin, dll 

4. Harga Terjangkau
Jangan khawatir soal harga. Untuk biaya masuk Rp. 5000-7000 aja. Tersedia juga paket untuk anak 50.000/anak. Gratis tiket masuk, bahkan orang tua dan guru yg mengantar juga gratis tiket masuk. bersahabat banget kan harganya?

5. Owner dan Instruktur yang Ramah
Ownernya aku telpon berkali-kali untuk gonta-ganti jadwal, tapi tetap diladeni dengan sabar. Maklum lah kan, aku harus menyesuaikan jadwal outclass dari 8 kelas. Dan ada beberapa kendala seperti biaya, waktu dan lainnya. Jadi harus berkali-kali ganti jadwal dengan Agrowisata Tenayan ini. tapi Pak Adi sebagai ownernya ramah banget.

Para instrukturnya juga ramah dan sabar banget. You know lah murid-murid kami kadang banyak yang manja dan suka banyak bertanya a.k.a nyinyir. Tapi instrukturnya dengan sabar dan ramah terus meladeni mereka. Padahal cukup sulit mengatur 49 anak untuk berkegiatan dengan tertib. Anak-anak kadang tidak mendengarkan instruksi, mengulang pertanyaan yang sama dan berbagai tingkah ala anak-anak yang kadang sering bikin kesel. But, para instrukturnya sabar banget…

6. Kantin harga normal
Biasanya yang namanya kantin di tempat wisata, harganya bikin kening berkerut. Tapi kantin di Agrowisata Tenayan ini harganya bersahabat banget loh. So nggak perlu merogoh kocek lebih dalam untuk makan-makan sambil duduk manis menikmati pemandangan disini.

7. Ngapain aja di Agrowisata Tenayan?
Wah paket kegiatannya banyak banget. Pokoknya menyangkut flora dan fauna deh. Dan yang pasti sangat bermanfaat buat peserta didik. Kegiatannya melatih motorik anak, kemandirian, keingintahuan, disiplin, dan melatih anak menjadi lebih cinta dan dekat dengan alam.
Agrowisata Tenayan menawarkan paket edukasi. Dengan biaya 50.000/anak, bisa mendapatkan fasilitas berikut :
  • Foto bersama
  • Belajar menanam padi di sawah
  • Belajar memetik jagung (jagungnya boleh dibawa pulang)
  • Belajar menanam kangkung di polibet  (bibit dan polibet nya boleh dibawa pulang)
  • Memberi makan hewan (kambing, kelinci dan bebek)
  • Permainan tangkap lele (tersedia hadiah bagi anak yang menang)
  • Mini outbond (menyebrangi jembatan dan tali gantung)
  • Sertifikat Agrowisata Tenayan 
Kalau kepo kegiatan kami dari SD TARUNA ISLAM. Check it out!
masi di bus aja udah heboh bangeeett..
sempatkan sholat dhuha dulu, biar rejekinya lancar!
breefing bersama instruktur

instruktur mengajarkan cara memetik jagung yang benar @agrowisata Tenayan
guru kebagian metik jagung juga. jagungnya boleh di bawa pulang. sekantooong

aduh bi... gantengnya kamu bi..

anak-anak juga diajarkan cara menanam bibit di polibet

langsung rebutan ngisi polibet, mereka belum sadar tanah itu sudah di campur kotoran hewan. muehehehe
ekspresi si Juna. serius banget jun... :D
ngasi makan kambing, pengalaman baru buat tanak-anak
ada kelinci juga di Agrowisata Tenayan

diajarkan teknik menanam padi di sawah 
terjun langsung ke sawah

senang nya....

melihat dan mengamati sawah yang sudah hijau
panen jagung
seru banget ngasi makan kambing

permainan paling seru, tangkap belut di lumpur!
setelah main lumpur, bilas dulu di kolam ini
seru banget main nya ya nak... ingat, minggu depan kalian ulangan :p
kolam tempat bilas, setelah main lumpur. 
have fun my kiddos!

Yang lebih enaknya, begitu sampai murid-murid akan langsung dibimbing oleh instruktur untuk menjalani semua rangkaian kegiatan di atas. Guru pembimbing boleh duduk manis di saung-saung yang sudah di sediakan. Tapi kalau aku pribadi sih kurang seru rasanya kalau hanya duduk manis. Aku ikuti kemana mereka pergi dan menyemangati mereka dalam permainan. Dan tentu saja tidak lupa mendokumentasikan kegiatan alias foto-foto ^_^
puas main-main, kita makan di restoran terapungnya. yahuuuttt...
naik ke arena flying fox. keren banget pemandangan dari atas
So, tertarik ingin membawa murid-muridnya ke Agrowisata Tenayan? Aku sudah rekomkan ini ke beberapa sekolah dan mereka sangat puas dengan pelayanannya. Termasuk ke Ummi ku sendiri yang juga berprofesi sebagai Guru SD. Bahkan ummiku lebih dulu membawa murid-muridnya ke Agrowisata Tenayan ini. nggak bakal nyesel pokoknya. Anak-anak senang, guru-guru turut bahagia.

BONUS. Cover Boy dari kelas V SD TARUNA ISLAM. hahay
Thank you for loving so much at math, Ki ^_^

Agrowisata Tenayan, Pekanbaru.
Jln. Pesantren. 
Kec. Tenayan Raya. 
Kulim. Pekanbaru
http://www.agrowisatatenayan.com/
CP : 082171242888 (Pak Adi)

*Postingan ini murni pengalaman pribadi. Bukan endorse atau iklan

8 komentar:

  1. Ramenyaaaa...

    Info2nya juga komplit.
    Yakin nggak bakal nyasar ni kalo maen sendiri.

    BW malam dari Lombok ^^

    BalasHapus
  2. Beuh, seru banget ini mah. Aku pengen coba itu mushola yang terapung, habis sholat lihat air sepertinya asik, terlebih disaat pagi ataupun sore..

    Tempat seperti ini mah gak cuma tempat bermain saja, tapi sekaligus untuk berlajar bagi anak-anak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener bener cocok buat belajar anak-anak loh

      Hapus
  3. Dari fotonya aja keliatan kalo eksperi adek - adek ini seneng banget, aku jadi pingin ikut mereka wisata sambil belajar, tapi umur udah ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahahaha...
      nggak cuma anak-anak kok. yang dewasa juga boleh kali main main kesana...
      duduk-duduk di saung nya sambil nikmati pemandangan yang hijau.
      atau mau metik buah-buahan juga asik tuh.
      asal jgn lupa bayar. hihihi

      Hapus
  4. argowisata.. kalau gue sih dulu SMA nggak ada argowisata gitu, paling mirip2 argowisata ke daerah Wonosobo, ehehehe. Seru ya kalau udaha da argowisata semenjak dini.. lebih dekat dengan alam dan kehijauan :)

    BalasHapus
  5. WIsata edukasi kayak gini yang harus dikembangin.
    Sepulang dari wisata ga cuma membuat senang tapi juga memberi banyak pengalaman baru yang pasti bakal bermanfaat banget untuk kedepanya.
    anda dulu aku pernah ikut wisata edukasi seperti ini pas jaman SD huhu

    BalasHapus
  6. agrowisata pilihan yang tepat buat rekreasi,mengedukasi, membuat anak2 jadi belajar tentang agro, biar tau kalau negaranya negara agraris,membuat anak2 juga jadi aktif bergerak,sehat, mantap tenannn

    BalasHapus

setelah baca tapi nggak ninggalin komentar itu sayang banget. ayo dong dikomen. penulis ingin tau reaksi pembaca.. makasih buat yang udah komen :)