29 Juni 2011

Bedah Buku "Cinta bertabur di langit Mekkah" dan penyerahan hadiah FF Humor WR.

hari ini ikutan bedah buku yang ditaja FLP Pekanbaru dan Erlangga. di gedung Erlangga lat 3. aku udah di infokan lomba ini sejak sebulan lalu (eh gak sampe ding) awalnya nanya ama Pa Pung (panggilan sayang buat direktur Writing Revolution, bisa di artikan kepala kampung) kapan nih hadiah FF humor WR nya dibagikan? soale aku udah ngarep lama banget dapet novel itu gratis (liat tebelnya kayaknya mahal). eh tanpa disangka Pa Pung nongol di chat


Joni Lis Efendi
Adek kapan ada waktu?
tumben Pak Pung baik hati, hehe

Risah Icha Azzahra

hore...!!! kapan aja ada. lagi libur nih..
pa pung sering ke puswil? ato lagi ada acara flp apa gitu?

Joni Lis Efendi
tanggal 29 Juni ada acara beda novel Langit Merah di Kota Mekah (salah banget judulnya “Cinta bertabur Dilangit mekkah”)
Sah boleh datang, dapat novelnya langsung
acara di Erlangga, dekat Capella Honda Arengka II

Risah Icha Azzahra
ha???di mekah. belum ada ongkos..

Joni Lis Efendi
itu judul novel kaleee
sekalian aja umro kalo di Mekah, haha

Risah Icha Azzahra

ooo... hihihi...
pake tiket masuk nggak??

Joni Lis Efendi

pake
Risah Icha Azzahra
yey, masi lama rupanya.. nggak ada jadwal yg lebih cepat dari itu pa pung? hiks.
brp?dimana belinya? sama sapa? hihi
Joni Lis Efendi
ada
bulan depan, haha
Risah Icha Azzahra
jiaaahhh.... lebih lama lagi ma... ya udah deh (tergolek pasrah). aku dateng bedah buku. nnt kalo nyasar aku tanya pa pung ya..

Joni Lis Efendi

pake GPS aja, haha
datang hari H juga masih bisa datang, penulisnya langsung datang, Roziah, yg penulis beken juga (salah juga,nama penulisnya Roidah.haha.. pa pung..pa pung)
Risah Icha Azzahra
ngakakudin.. pinjem ama doremon dulu nih kayaknya. yoi.. brp tiketnya pa pung? dpt sertifikat tak? (berburu sertifikat is important)

Joni Lis Efendi
tiket Rp 35 ribum dt novel seharga 42 ribum sertifikat, snack dan plus senyum manis pak pung (salah, tiket+buku=40.000. ckckc.. pa pung…)
kurang apalagi nih?

Risah Icha Azzahra
weleh.. narsis tak tinggal... 35 dapat buku mayan lah...
ada link nya gak pa pung?ato poster gitu? mau ajak orang se erte

Joni Lis Efendi
ada myb minggu2 ini akan disebar, atau tanya aja langsung ke FB Alam Terkambang, atau Afsah Rahmah
mereka tu yg nyebarin famplet
ini iven tingkat nasional loh

Risah Icha Azzahra
woke pa pung.. sipp.. makasih banyak... dapat info duluan nih daku, agak bangga lah terdaftar jadi adik pa pung.. ahay
de es te… melawak ^_^


aku menunggu tanggal 29 Juni itu. lama banget yak? gak sabar pengen baca bukunya. mumpung libur kuliah. sambil nyari-nyari temen buat pergi.

H-1 (kalah lebaran) aku dikabari lagi lewat spanduk online. udah yakin deh mau pergi, tujuan utama ambil hadiah. hehe.. kalo perlu nggak usah ikut acaranya. tunggu aja pa pung di gerbang. todongin hadihnya, jangan lupa minta foto.haha

tapi rencana busuk aku batal karena liat materi acaranya. yah jadi beneran mau ikut deh, malah mau beli bukunya sekalian. tapi masih ragu sih buat beli bukunya, hehe.. soalnya uang terbatas (maklum ngampus libur, nggak ada uang) dan aku dari kemaren udah ngiler banget diskon buku online yang rame, apalagi buku-buku afifah afra, aku udah niat nabung mau beli itu.

pagi tadi, ba'da subuh. masih sempet-sempetin buka FB dulu. serak-serakin link materi acaranya, siapa tau aja ada ynag mau ikut. jadi ada temen deh, eh tapi boro-boro. yang ada bang Asqalani si penulis puisi dan penyair pekanbaru yang puisinya udah nangkring di koran-koran riau bilang kalau dia juga ikutan. ternyata malah panitia. aku daftar via sms lewat dia deh... eh malah nanya aku yang mana ya. emang belum kenal sih, baru kenal lewat WR dan sok akrab aja.hehe

waktu mandi aku mikir lagi (kamar mandi emang tempat inspirasi paling maknyos). kalau pergi sendiri garing banget, nanti siapa donk yang fotoin aku sama Pa pung. hehe. narsis amat udah dipikirin dari sekarang. beberapa teman udah di sms nggak ada yang bisa. akhirnya dengan berat hati aku ajak adikku si Sofi. tapi dia lagi nginep di rumah tante di panam. yah terpaksa deh jemput dulu. jadi rute perjalanan Kulim-Panam-Arengka. uwa.. jauh Bo'... mau pergi tadi sempet pula tetangga aku numpang mau ke kampusnya. waaa....

aku sms si sofi cuma bales "ea". jam 7.30 berangkat dari rumah, anterin ibuk tetangga ke kampusnya dan ke panam jemput sofi. berharap dia udah nuggu di depan pintu dan langsung caw.
eh boro-boro, harapanku sia-sia, waktu aku nyampe rumah tante, dia masih bergelung selimut, jadi tadi bales sms aku di alam barzah ya? ckck..

nunggu dia MKC lumayan lama. tambah dandannya. tapi aku betah, soalnya sambil godain anak tante yang lagi imut-imutnya. namanya ZAHRA. napen aku.hehe..






sampe di sana langsung ketemu Asqalani di meja panitia, langsung Sksd.hehe
ternyata udah mulai pembukaan dan pelantikan pengurus FLP Pekanbaru. gak penting lah. yang penting kan bedah bukunya belum..
langsung duduk di bagain belakang (cuma itu kursi yang tersisa)

selesai ceremonial pelantikan, Asqalani baca puisi. wedeh.. persis penyair beneran deh... suaranya juga lantang bikin merinding. aku akui mentalnya besi banget (bukan baja lagi)
adik aku sampe tanya "nggak malu dia tu kak?"
nggak tau, udah biasa kali.

masuk ke acara bedah buku nya. moderator agak kurang menarik, bikin ngantuk, ibu penulisnya juga ngomongnya terlalu cepet, tapi berisi. dan beliau ngomong singkaat, padat. tiba saat pa pung jadi pembanding. baru agak menarik.. suaranya jelas dan peserta di dongengin isi novel (nggak perlu beli lagi deh, waktu pa pung ngedongeng pasti ibu penulis mikir "aje gile ni si Joni, isi buku gue dibeberin semua")

jadi dalam buku itu (hm.. tulis gak ya disini... enggak usah deh)
intinya novelnya bersetting mekkah, dan tentang cinta gitu deh, novel itu ditulis setelah ibu penulis (namanya bu riada, ato Roidah) balik dari haji, beliau udah menulis 18 buku. dan setelah naik haji beliau memutuskan untuk menulis genre reliji. lahir lah buku ini dalam sebulan (tadi ada peserta yang nanya, "berapa tahun ibu menyelesaikan buku ini?" si Ibu menjawab "sebulan," kaget semua)
isinya memang banyak mengenai rukun-rukun haji, yang mirip-mirip buku tuntunan haji deh, tapi ada unsur fiksinya, biar yang baca nggak bosen kata ibu itu. salut juga nih.
kalo didengar dari dongengan pa pung, ceritanya asik juga nih, tapi masih banyak klise kayak ketemunya karna nolong bawa belanjaan, dll.
tapi pa pung menyimpulkan tips dari buku ini. yaitu

4 SENJATA DAPAT JODOH :
1. doa
2. Ikhtiar
3. Restu
4. Keberanian

ternyata dari buku setebal itu pa pung ngambil inti nya yang cari jodoh (maklum masih jomblo)haha

yang serunya waktu ada seorang Bapak yang ikutan bertanya, sebenarnya bapak itu nggak niat ikutan bedah buku, tapi karena anakny lagi ikutan lomba juga di gedung itu, dia masuk deh ke ruangan bedah. dan dia ikutan mendengarkan dengan baik, di akhir sesion beliau bertanya, lebih tepatnya berkomentar, atau ceramah, atau lebih tepatnya lagi mengkritik.
isi kritikannya pertama ada di judul. kenapa judulnya "ketika cinta bertabur di langit mekkah" kenapa nggak 'bertumbuh',kenapa nggak di Medan, kasian Mekkah keberatan. udah banyak yg nulis tentang itu. terus si Bapak yang nampaknya non muslim (kesotoyan gw) juga protes, kenapa novelnya tentang religius melulu, sedangkan dulu waktu SMK, beliau belajar sastra bahwa sastra itu sosial. jadi bukan hanya agama saja. bahas kek isu politik, atau masyarakat pedalaman-pedalaman yang primitif. tak tanggung si Bapak juga mencerikatan kiprahnya di dunia hukum, di aceh, dll. cukup memakan waktu sampai-sampai moderator minta dipersingkat 'ceramahnya'.hoho
seru juga sih.. tapi penulisnya menjawab singkat padat dengan jawaban yang men SKA' mat si Bapak. penulis di lawan..

selesai acara, inilah yang aku tunggu-tunggu. kuis berhadiah. tentu saja hadiahnya buku...!!

pertanyaan pertama..
MC menyebutkan latar belakang Pa Pung Joni Lis Efendi dengan berbagai gaya (aku curiga mas MC tadi adiknya Fenny Rose, mirip banget waktu bilang Pemmirrsaa...)
aku pikir bakal ditanya TTL pa pung nih, atau tentang WR, eh bener, si MC bilang
"Joni Lis Efendi mendirikan sebuah.." si mas MC masih bingung nyari kata-kata yang pantas aku udah tunjuk tangan. langsung deh di tunjuk. dengan lantang dan sedikit nervous aku jawab.
"Kak Joni mendirikan WRITING REVOLUTION"
eh si mas MC malah nanya, bisa dijelaskan Writing revolution itu apa, apakah sebuah pembantaian sapi"
aku rebut lagi mic ditangannya
"Writing revolution itu sebuah kederisasi dalam bidang penulisan, ada SMPO, SMCO, (sambil nyengir) dan saya adalah anggotanya (ketawa lebar bangga).

wah bersorak deh penontonnya, untung aja aku nggak bilang " sekarang ada diskon loh, ada parcel untuk sahabat, buat yang mau bergabung silahkan hubungi...dst." haha.. ini bedah buku apa iklan.

dapet deh buku di tangan, tapi tipis dan bukan novel (dasar nggak besyukur) aku ngiler liat buku yang masih dimeja itu tebel banget.

pertanyaan selanjutnya, dari Pa pung:
"nomor berapakah gedung Erlangga ini?"
eh aku spontan nunjuk dan menjawab "98"

emang bener kok no.98 soalnya waktu tadi pagi mau berangkat aku baca baik-baik brosur online nya.. supaya nggak nyasar. tapi aku kan udah dapet, seandainya boleh maruk..hehe

pertanyaan selanjutnya..
'apakah gelar Joni Lis Efendi?" aku pikir, wah setauku PP nggak selesai kuliahnya. apa pernah kuliah di tempat lain lagi ya.
tapi itu cuma beberapa detik, ternyata MC bilang lagi nama lain, alias nama pena. ya aku tau donk. wong guruku sendiri. cepet-cepet aku bisikin ke adikku dan ngangkat tangannya. tapi dasar pemalu dia nggak mau, aku paksa-paksa aja sampe akhirnya MC liat dia dan nunjuk. mampus deh. mic pun disodorkan ke tangannya. dia jawab dengan lembut
"Nurrahman Efendi"

MC bertanya pada si empunya nama
'benar Pak?"
hmm.. gimana ya..lupa-lupa ingat, bener mungkin" kata Pa pung bikin adek aku deg-degan.
masih banyak pertanyaan-pertanyaan ngaco lainnya, yang jelas aku dan adikku nggak boleh jawab lagi lah.haha.. maruk banget..

akhir acara, orang-orang pada minta ttd ibu penulis. aku diem aja melongo. wong aku nggak beli bukunya, tujuan utamaku bukan buku itu. hehe.. lagian isi bukunya udah di diongengin ama Pa pung, sampe endingnya malah.

aku melirik-lirik ke arah pa pung yang lagi sibuk ngobrol serius ama pihak Erlangga (mungkin) dan aku bagaikan anak yang udah nggak sabaran minta beliin Es cream nanti takut keburu abang es nya pergi. ku siapkan pena untuk minta tanda tangan dan stand by kan kamera handphone. aku tunggu dengan sabar sampai akhirnya Pa pung menyapaku

"Foto kita Sah" (lupa tadi persisnya bilang apa)
"tolong fotokan dong, genk WR nih" kata pa pung, ada asqalani, aku, dan seorang anak kelas cerpen, namanyaa...hm... lupa!

hore, teriakku dalam hati. aku juga pamerin novel tebal hadiah kuis tadi loncat-loncat di depan pa pung. alamak! ku perlihatkan juga ke asqalani novel tebal hadiah itu sambil bertanya
"dapat apa?"
dia hanya mengkerut menjawab "aku nggak dapet"
hehe.. telat nunjuk tangan mungkin.

pa Pung oun mengeluarkan novel "Persembahan Cinta Dari Surga"nya dari dalam tas, dan menandatanganinya tanpa aku suruh.
"Lho? siapa yang minta tanda tangan yah?" kataku ceplas-ceplos
pa pung langsung menutup buku itu, aku pun lagi-lagi loncat-loncat membujuk supaya jadi di tanda tangan. ehehehe
"tulis Risah ya" kataku, maksudnya ada tulisan apa kek gitu pesan dari penulis.
eh beneran di tulis

29Juni2011
Risah
(ttd)
Joni Lis Efendi

gitu doank... yah.. penonton kecewa. yah nggak apa-apa lah. penting dapet buku dan ttd nya. hore... nggak sabar mau pamerin keliling kampung. wkwkw...

ceprat...cepret.. kamera-kamera beraksi.. ternyata pa pung bawa kamera digitalnya. jadi banyak deh kamera dimana-mana, adikku jadi fotografer dadakan (emang untuk itu gunanya dia dibawa). aku juga minta fot berdua ama pa pung, langsung deh tuh pada nyorakin, yey, minta foto ama penulis kok.

cpret..

aku lihat hasilnya, yah, kejauhan, ulang donk. hehe..

beberapa kali ulang. terakhir asqalani minta di foto berdua juga ama pa pung pakai HP nya, pinjem buku hadiahku buat mejeng.
yang lucunya waktu foto rame-rame, asqalani juga minta difotoin pake kamera handphonenya. waktu adikku ngambil HP nya, eh cassing belakangnya copot, kami ngakak bersama. haha
aku nyeletuk "ada kameranya nggak tuh"
tega bener dah ah.. ampun coy..
eh betewe, umurnya 2 tahun di atas ku
ampun bang... ihihi...

suasana penuh tawa pun berakhir, aku pulang dengan senyuman bangga dapat buku gratis, pergi dengan modal 30.000 (bayari sofi juga) pulang dengan hasil ilmu yang semoga bermanfaat dan tentunya buku yang harganya mungkin kalau di kalkulasikan di atas 150.ribu. alhamdulillah...

waktu aku jemput adek di rumah oom, eh dikasi lagi duit jalan cepek. jadi juga aku beli novel diskonnya afifah afra. hore...
huft.. capek curhat kepanjangan.hehe.. maklum penulis kacangan.haha..

sekarang saatnya baca novel.. tunggu resensinya ya.. ^_^

2 komentar:

  1. ngos ngosan gua bacanya

    BalasHapus
  2. hahaha.. maaf tidak bermaksud menyengsarakan pembaca.. haha

    BalasHapus

setelah baca tapi nggak ninggalin komentar itu sayang banget. ayo dong dikomen. penulis ingin tau reaksi pembaca.. makasih buat yang udah komen :)